Kamis, 09 Januari 2014

Manfaat Bawang Putih dan Kandungan Gizinya

Mengenal beragam manfaat dan khasiat bawang putih serta kandungan nilai gizi yang terdapat di dalamnya.


Manfaat Bawang Putih
Bawang putih merupakan bawang yang warnanya putih. Berbeda dengan bawang merah yang warnanya merah. Sementara bawang daun warnanya daun. Eh, bukan. Bawang daun atau daun bawang yaitu daunnya tanaman bawang. Hehe, tidak ilmiah sekali penjelasannya. Ah, tentunya pembaca sudah pada tahu seperti apa bentuk bawang putih, bawang merah dan daun bawang.

Bawang putih banyak digunakan sebagai bumbu masak dasar yang tidak boleh terlewat dalam setiap masakan. Akan tetapi, selain digunakan sebagai bumbu masak, bawang putih juga berkhasiat sebagai obat-obatan untuk berbagai macam penyakit.

Bawang putih dalam keadaan mentah mengandung senyawa sulfur termasuk zat kimia bernama Alliin. Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan, zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika zat belerang (sulfur) dalam alisin diterbangkan ammonia ke udara, sebab ammonia mudah menguap. Senyawa alisin berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri, mengurangi gejala diabetes dan mengurangi tekanan darah.

Selain alisin, bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar